Senin, 05 September 2011

7 menara tertinggi di dunia

1. Burj Dubai di Dubai (+/- 800 m) 


Burj Khalifa (bahasa Arab untuk 'Menara Khalifa'), sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki).

Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007. Pada tanggal 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati. Struktur tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia, Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008.


2. Freedom Tower di New York (+/- 541 m) 


One World Trade Center, juga dikenal dengan nama dan julukan sebelumnya Freedom Tower, merupakan bangunan utama di komplek World Trade Center yang baru di Lower Manhattan, New York City, New York. Menara ini akan dibangun di sudut baratlaut situs World Trade Center seluas 16 hektar (65,000 m²) yang dikelilingi Vesey, West, Washington dan Fulton Street. Pembangunan relokasi sarana bawah tanah, kaki dan pondasi bangunan dimulai pada 27 April 2006. Pada 30 Maret 2009, Port Authority mengatakan bahwa bangunan ini akan dinamai 'One World Trade Center', menggantikan nama 'Freedom Tower'. Setelah selesai dibangun, One World Trade Center akan menjadi bangunan tertinggi di Amerika Serikat dengan tinggi 1,776 kaki (541,32 m) dan termasuk di antara bangunan-bangunan tertinggi di dunia.

Bersama One World Trade Center, situs World Trade Center yang baru akan memiliki tiga gedung perkantoran tinggi lainnya di sepanjang Greenwich Street dan National September 11 Memorial & Museum. Pembangunan ini adalah bagian dari usaha untuk memperingati dan membangun kembali komplek asli World Trade Center yang hancur pada serangan teroris 11 September 2001.


3. Taipei 101 di Taiwan (+/- 509 m) 


Dalam banyak aspek, gedung baru ini adalah salah satu pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat sampai sekarang. Gedung ini memiliki keunggulan yaitu fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik. Toshiba telah menyediakan dua lift tercepat di dunia yang dapat mencapai kecepatan maksimum 1.008 meter per menit (63 km/jam atau 39 mil/jam) dan mampu membawa pengunjung dari lantai dasar ke lantai pengamat di lantai 89 dalam waktu 39 detik. Sebuah pendulum seberat 800 ton dipasang di lantai 88, menstabilkan menara ini terhadap goyangan yang timbul dari gempa bumi, angin topan maupun gaya geser dari angin.

Luas total 450.000 meter persegi, dengan 214.000 meter persegi untuk fasilitas perkantoran, 77.500 meter persegi untuk kebutuhan komersial sedangkan 73.000 meter perseigi lainnya untuk area parkir.

Gedung menara ini dibuka pada 31 Desember 2004, di tengah perayaan Tahun Baru yang semarak, lengkap dengan pertunjukan langsung dan kembang api. Presiden Chen Shui-bian, Walikota Taipei Ma Ying-jeou dan Ketua Legislatif Yuan, Wang Jin-pyng bertindak sebagai pemotong pita dalam acara peresmian tersebut. Beberapa lantai telah digunakan sebagai tempat tinggal dan perkantoran.


4. Shanghai World Finance Center di China (+/- 492 m) 


Shanghai World Financial Center (Abbr: SWFC; bahasa Tionghoa: 上海环球金融中心; Hanzi tradisional: 上海環球金融中心; bahasa Tionghoa: Shànghǎi huánqiú jīnróng zhōngxīn) adalah gedung pencakar langit di Shanghai, Cina. Gedung ini merupakan gedung yang terdiri dari kantor, hotel, ruangan konferensi, dek observasi dan mall. Tinggi total gedung pencakar langit ini adalah 492 m dan merupakan gedung pencakar langit tertinggi di Shanghai .


5. Petronas Tower di Malaysia (+/- 452 m) 


Menara PETRONAS adalah dua buah pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi.

Menara ini dirancang oleh Adamson Associates Architects, Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika serikat yang selesai dibangun setinggi 88 lantai pada 1998 dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia. Pada 17 Oktober 2003, Taipei 101 mengambil rekor menara kembar ini.Tetapi Menara Kembar Petronas tetap memegang gelar menara kembar tertinggi di dunia.

Cesar Pelli juga merancang gedung Miglin-Beitler Skyneedle (atau disebut pula Miglin-Beitler Tower) setinggi 609,58 m di Chicago, Amerika Serikat yang selesai pada tahun 1988 yang tampak mempunyai kemiripan dengan Menara Petronas.

Menara Petronas berdiri setinggi 452 meter atau 1483 kaki dihitung sampai paling atas. Bentuk lantainya berupa dua buah persegi yang berpotongan membentuk bintang berujung delapan dan pada tiap titik perpotongannya ditambahkan sepotong lingkaran. Desain Cesar Pelli ini menggunakan motif yang lazim digunakan dalam Seni Islam mengingat budaya Islam sudah menjadi ciri khas Malaysia.


6. Sears Tower di Chicago (+/- 442 m) 


Willis Tower (dahulu bernama, tapi masih sering disebut sebagai Menara Sears ) adalah 108 - cerita , 1.451 kaki (442 m) pencakar langit di Chicago, Illinois . Pada saat penyelesaian pada tahun 1974, itu adalah tertinggi bangunan di dunia, melampaui World Trade Center menara di New York, dan diadakan ini peringkat selama hampir 25 tahun. Willis Tower adalah gedung tertinggi di Amerika Serikat dan kelima-struktur berdiri bebas tertinggi di dunia , serta kelima gedung tertinggi di dunia untuk atap .
Meskipun Sears ' hak penamaan berakhir pada tahun 2003, bangunan terus disebut Sears Tower selama beberapa tahun. Pada bulan Maret 2009 berdasarkan broker asuransi London- Willis Group Holdings, Ltd , setuju untuk menyewakan sebagian gedung dan bangunan memperoleh hak penamaan. Pada tanggal 16 Juli 2009, gedung ini resmi berganti nama menjadi Willis Tower.

Pada tahun 1969, Sears, Roebuck & Co adalah perusahaan ritel terbesar di dunia, dengan sekitar 350.000 karyawan. Sears eksekutif memutuskan untuk mengkonsolidasikan ribuan karyawan di kantor-kantor di seluruh daerah Chicago ke satu bangunan di tepi barat Chicago Loop . Dengan tuntutan ruang segera dari 3 juta kaki persegi (279.000 m²), dan prediksi untuk pertumbuhan di masa mendatang yang memerlukan lebih banyak ruang, Sears menugaskan arsitek Skidmore, Owings and Merrill (SOM) untuk menghasilkan suatu struktur untuk menjadi salah satu gedung perkantoran terbesar di dunia. tim mereka dari arsitek Bruce Graham dan insinyur struktur Fazlur Khan dirancang bangunan sebagai sembilan persegi " tabung ", pada dasarnya setiap bangunan terpisah, berkumpul dalam matriks 3x3. Semua sembilan tabung akan bangkit ke lantai 50 gedung. Di lantai 50, barat laut dan tenggara tabung akhir, dan tujuh sisanya terus ke atas. Di lantai 66, timur laut dan ujung tabung barat daya. Di lantai 90, utara, timur, dan selatan tabung akhir. Barat pusat yang tersisa dan tabung terus naik ke lantai 108.

7. Jin Mao Tower di China (+/- 421 m) 


Bangunan ini terletak di 24 000 m² sebidang tanah di dekat Lujiazui metro stasiun dan dibangun dengan biaya diperkirakan 530 juta USD.

Hal ini dirancang oleh Chicago kantor Skidmore, Owings & Merrill . Its postmodern bentuk, yang kompleksitas meningkat karena naik, mengacu pada tradisional arsitektur Cina seperti berjenjang pagoda , lembut melangkah mundur untuk menciptakan pola ritmis seperti naik. Seperti Menara Petronas di Malaysia, proporsi bangunan tersebut berkisar pada angka 8 , yang terkait dengan kemakmuran dalam budaya Cina . The 88 lantai (93 lantai puncak menara jika dihitung) terbagi dalam 16 segmen, masing-masing yang 1/8th lebih pendek dari lantai dasar 16. Menara ini dibangun berbentuk segi delapan beton dinding geser inti yang dikelilingi oleh 8 eksteriorkomposit supercolumns dan 8 eksterior baja kolom. Tiga set 8 dua-cerita tinggi cadik gulungan menghubungkan kolom ke inti di enam lantai untuk memberikan dukungan tambahan.

Para yayasan beristirahat di tumpukan baja berkapasitas 1.062 didorong tinggi 83,5 m jauh di dalam tanah untuk mengimbangi strata miskin atas tanah kondisi. Pada saat itu mereka adalah tumpukan baja terpanjang yang pernah digunakan dalam bangunan yang berbasis tanah. Tumpukan adalah dibatasi oleh 4-tebal beton m rakit19,6 m bawah tanah. The basement s 'sekitar dinding lumpur adalah 1 m tebal, 36 m dan panjang 568 m, dan terdiri dari 20.500 m³ dari beton bertulang .

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More