Jumat, 21 Oktober 2011

6 taman laut terindah




Quote:
Original Posted By okiever sykes 
yuk simak dulu gan beberapa taman laut terkenal nih di indonesia! ;)
Spoiler for
JANGAN BIARKAN THREAD INI TENGGELAM BEGITU SAJA,AYO BANTU UNTUK SHARE KE TEMAN KALIAN!


1.Taman Bunaken,Manado

Spoiler for

SejarahSeperti sudah dipaparkan sebelumnya, nama Manado mulai tercantum dalam peta dunia pada tahun 1541 oleh kartografer Spanyol, Nicolas Desliens. Mulanya bukan dalam bentuk kota, tetapi nama sebuah pulau yang kita kenal sekarang, Manado Tua. Kemudian pada 1590, Loco, seorang pelaut Spanyol menempatkan Manado sebagai nama laut. Terdapat banyak penafsiran oleh berbagai peneliti mengenai asal muasal nama ini. Dari penelitian G. Molsbergen diperoleh keterangan bahwa nama pulau Manado Tua mulanya disebut Manarow, asal dari bahasa Tontembuan, yang berarti, sesuatu yang terletak di seberang, yaitu pulau batu atau pulau gunung yang berhadapan langsung dengan tempat bernama Wenang. Nama wenang sendiri adalah nama jenis pohon yang dalam bahasa latin disebut: Macaranga Hispida.TAMAN NASIONAL LAUT BUNAKEN MANADO TUA


2.Taman Laut Selat Pantar,NTT

Spoiler for

Tercatat, ada 26 titik selam (diving spot) yang memesona wisatawan. Ke-26 titik diving itu seperti, Half Moon Bay; Peter‘s Prize; Crocodile Rook; Cave Point; The Edge; Coral Clitts; Baeylon; The Arch; Fallt Line; The Pacth; Nite Delht; Kal‘s Dream; The Ball; Trip Top; The Mlai Hall; No Man‘s Land; The Chatedral; School‘s Ut; hingga titik selam Shark Close. Titik selam yang terakhir ini sangat menarik karena merupakan tempat kumpulan ikan hiu yang sangat bersahabat dengan para diver.
Di taman laut ini pula dapat ditemui lumba-lumba abu-abu yang merupakan spesies langka.Taman laut Selat Pantar terletak di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur.


3.Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Spoiler for

Taman Nasional Teluk Cendrawasih terletak di Pulau Papua dan merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia. Taman Nasional yang diresmikan oleh Menteri Kehutanan pada tahun 1993 ini, memiliki luas 1.453.500 ha, terdiri dari daratan dan pesisir pantai (0,9%), daratan pulau-pulau (3,8%), terumbu karang (5,5%), dan perairan lautan (89,8%).
Teluk Cendrawasih memiliki 14 jenis flora yang dilindungi. Sebagian besar terdiri dari jenis pohon kasuarina. Selain itu, di taman nasional ini juga terdapat 36 jenis burung, di mana 18 di antaranya dilindungi. Terdapat pula 196 jenis moluska, 209 jenis ikan, dan beberapa penyu (penyu sisik, hijau, belimbing, dan sisik semu). Wilayah ini juga merupakan tempat tinggal yang nyaman bagi paus dan lumba-lumba. Kedua jenis hewan ini dapat tinggal dengan tenang di sini karena tidak ada pemburu paus ataupun lumba-lumba, serta masih berlimpahnya makanan yang disediakan Teluk Cendrawasih bagi mereka.


4.Cagar Alam Laut Banda

Spoiler for

Terletak sekitar 120 km sebelah tenggara pantai pulau Seram, Maluku. Luasnya 2.500 ha . Cagar alam ini terdiri dari kelompok kepulauan yang kedalaman airnya belum diketahui secara pasti.


5.Taman Laut Wakatobi

Spoiler for

Taman Laut Wakatobi terletak di antara Laut Banda dan Laut Flores, sebelah tenggara Pulau Buton dan merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Wakatobi Propinsi Sulawesi Tenggara.


6.Taman Laut Teluk Tamiyang
Spoiler for

Terumbu Karang Teluk Tamiang di perairan Kabupaten Kotabaru, Kalsel, yang menjadi habitat ratusan biota laut, diusulkan menjadi Taman Nasional. Tak kalah indahnya dengan Taman Laut Bunaken, Manado, Sulut.


Gimana gan?
Indah kan wisata negara kita?
ayo jaga jangan sampai di klaim sama negara tetangga lagi 
mudah - mudahan gak 
kalo suka tinggalin  atau rate saja!
jangan  ya gan!
f3ndi - 10/09/2009 06:21 PM
#63

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More