Selasa, 15 November 2011

10 terowongan terunik di dunia

Terowongan Channel


LOKASI: Coquelles, Perancis
LATAR BELAKANG: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan 31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.

Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. “Ada usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik,” kata Hashash. setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam terowongan.


Quote:
Terowongan Zion-Mount Carmel


LOKASI: Zion Canyon, Utah
LATAR BELAKANG: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.

Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai sarana pengemudi menikmati pemandangan. “Ketika Anda meninggalkan Sion menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan cantik,” kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir, yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.


Quote:
Terowongan Smuggling


LOKASI: Tijuana, Mexico
LATAR BELAKANG: Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko.

Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan, sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun selama dua tahun.


Quote:
Thames Tunnel


LOKASI: London, Inggris
LATAR BELAKANG: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.

“Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama kalinya konsep perisai tunneling digunakan,” Hashash menceritakan. “Ini adalah tonggak utama.” Perisai tunneling adalah suatu alat yang dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai dukungan sementara struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk aman, dan datar, menginstal sistem dukungan permanen di bawah air. Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur yang belum selesai. Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia konstruksi.


Quote:
Yerba Buena Island Tunnel


LOKASI: Bay Area, California
LATAR BELAKANG: Yerba Buena Island adalah sepotong kecil tanah kosong di San Francisco Bay, antara Oakland dan San Francisco. Sebuah jembatan lima jalur di satu sisi, dengan dua jembatan gantung di sisi lain.

Dengan diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan tunggal terluas di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash berspekulasi bahwa menambahkan terowongan itu yang paling menghemat biaya dan suatu solusi memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya membangun satu jembatan besar.


Quote:
Infiltration Tunnels

[Image: 1589.jpg]

LOKASI: 38th Parallel DMZ
LATAR BELAKANG: Tiga terowongan yang berbeda itu ditemukan merayap di bawah zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling diperdebatkan di dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal dari Korea Utara, dan kemudian, pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan.

Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan Ketiga dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute bawah tanah Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan militer besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk antar-jemput seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan bahwa sebanyak 20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting hubungan antara Utara dan Korea Selatan.


Quote:
MailRail

[Image: 74813.jpg]

LOKASI: London, Inggris
LATAR BELAKANG: Beberapa kantor pos di bawah tanah telah bereksperimen dengan pengiriman surat. USPS digunakan pada sistem yang rumit selama awal abad ke-19, tapi London mengambil pendekatan yang sama sekali berbeda dan membangun rel kereta skala bawah tanah yang digunakan hanya untuk paket.

Sekitar 23 mil kereta surat lagu berlari sepanjang MailRail, dan terletak 70 meter di bawah hiruk pikuk keramaian dan jalan-jalan di London. Selama masa kejayaan sistem ini, kereta listrik tak berawak menyeret sebanyak 4 juta huruf perhari. Kereta bisa membuat itu dengan melalui 6,5 mil-terowongan dalam waktu kurang dari setengah jam, berhenti di sembilan stasiun yang menyortir surat di sepanjang jalan. Penggunaan sistem di turunkan secara bertahap hingga tahun 2003, ketika terowongan dan rel ditinggalkan karena kendala biaya.


Quote:
Tokyo Bay Aqua-Line

[Image: 85614.jpg]

LOKASI: Kawasaki City, Jepang
LATAR BELAKANG: Jembatan dengan panjang hampir 3-mil ini masuk ke 6-mil-terowongan di wilayah rawan gempa bumi. Struktur dibuka untuk lalu lintas pada tahun 1997, berfungsi sebagai sarana komuter antara Kawasaki dan Kisarazu Kota Kota kurang lebih 45 menit sekali jalan.

Sementara kombinasi jembatan dan terowongan ada di seluruh dunia, tempat istirahat besar dibangun di atas sebuah pulau buatan di pintu masuk terowongan ini membuat Aqua-Line berdiri di antara mereka. Pulau, yang disebut Umi-Hotaru, yang diterjemahkan menjadi “kunang-kunang laut,” bertindak terutama sebagai tempat istirahat yang terdiri dari toko-toko dan restoran, dan dek pengamatan yang tampak di teluk.


Quote:
Cu Chi Tunnels

[Image: 67116.jpg]

LOKASI: Cu Chi, Vietnam
LATAR BELAKANG: ini labirin terowongan luas yang memainkan peranan penting dalam strategi Vietkong selama kedua Perang Indochina Perancis dan Perang Vietnam. Perkiraan pada ukuran sebenarnya terowongan berkisar lebih dari 150 mil.

Sistem terowongan Vietkong dibangun di seluruh Vietnam, tapi terowongan di Cu Chi telah menjadi tujuan wisata yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Pengunjung dapat bekerja dengan cara mereka melalui ruang sempit, periksa jebakan mematikan dan bahkan mengunjungi pusat komando bawah tanah di mana serangan Tet itu direncanakan. Beberapa terowongan hanya beberapa meter, sementara yang lain telah diperluas untuk mengakomodasi wisatawan yang lebih besar.


Quote:
Jiucyudong Tunnel

[Image: 45618.jpg]

LOKASI: Taroko National Park, Taiwan
LATAR BELAKANG: Struktur buatan manusia ini juga dikenal sebagai Tunnel of Nine Turns, referensi ke gulungan naga cerita rakyat populer di Cina dan mitologi.

The Tunnel of Nine Turns melalui tebing dan berjalan sepanjang tepi sungai di Taroko National Park, sebuah daerah yang dikenal karena kekayaan geologi, termasuk bentuk giok endemik ke Taiwan. Selesai pada tahun 1996, struktur memberikan sekilas formasi marmer alam yang unik, batu-batu yang jatuh walaupun tidak menimbulkan ancaman nyata-dan helm mungkin diperlukan untuk pelancong.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More